FPSO

  FPSO merupakan bangunan pengeboran dan penyimpanan minyak lepas pantai yang bersifat portable. Dalam artian dapat berpindah – pindah.  Adapun hasil pemisahan dari produk pengeboran adalah crude oil, air dan gas. FPSO bisa menjadi konversi dari kapal tangker minyak atau bisa menjadi kapal yang dibangun khusus untuk aplikasi tersebut. Sebuah kapal yang digunakan untuk menyimpan minyak hanya disebut sebagai floating storage dan offloading vessel (FSO).



Image result for fpso diagram
Gambar Diagram FPSO


Ciri umum FPSO :
  1. Konstruksi gading – gading lebih kuat daripada kapal dengan ukuran yang sama, disebabkan  danya beban di atas deck yang sangat besar berupa equipment/pabrik produksi minyak dan gas.
  2. Tempat akomodasi lebih besar, terdapat hampir sekitar 300 orang tinggal di atasnya (lifing  quarter).

Cara kerja FPSO

      Minyak yang dihasilkan dari platform produksi lepas pantai dapat diangkut ke daratan baik melalui pipa atau dengan kapal tanker. Ketika sebuah kapal tanker dipilih untuk mengangkut minyak, perlu untuk mengumpulkan minyak dalam beberapa tangki penyimpanan sedemikian rupa sehingga kapal tanker minyak tidak terus menerus diduduki selama produksi minyak, dan hanya dibutuhkan satu kali minyak yang memadai telah diproduksi untuk mengisi tanker.
      Seringkali solusinya adalah kapal tanker minyak dinonaktifkan yang telah dipreteli dan dilengkapi dengan fasilitas untuk dihubungkan ke mooring booy. Minyak terakumulasi dalam FPSO sampai ada jumlah yang cukup untuk mengisi tanker, di mana salah satu titik kapal tanker terhubung ke buritan unit FPSO.
      Ada dua jenis utama FPSO, kapal tanker minyak yang dimodifikasi atau banguna baru yang dibangun untuk tujuan tersebut.FPSO designnya tergantung pada daerah operasi. Di perairan tenang FPSO mungkin memiliki bentuk sederhana atau mungkin kapal tanker yang dikonversi. Garis injeksi yang terhubung ke area kapal disebut menara, yang bisa eksternal dan tergantung dari sisi FPSO di perairan tenang seperti di Afrika Barat. Untuk lingkungan yang keras lebih mirip Laut Utara, sebuah menara internal terletak di pusat dan di bawah FPSO dan kapal harus memiliki bentuk yang halus. Ini untuk memposisikan diri ke arah angin dan mengurangi kekuatan lingkungan di tambatan. Semua bentuk kapal FPSO di Laut Utara dibangun secara permanen untuk ditambatkan. FPSO juga mungkin jenis platform semi-submersible dengan penyimpanan atau cylindrically berbentuk. Jenis ini adalah ditambatkan dalam orientasi tetap



Komentar

Postingan populer dari blog ini

FSO (Floating Storage & Offloading)

Jenis Mooring System Pada FPSO FSO FPU FSU